Mengenal Bahan Pembuat Pallet Plastik

Primapallet.co.id - Mengenal Bahan Pallet Plastik. Pallet plastik memili bentuk dan desain yang berbeda-beda, ada yang lebih kecil ada yang standar ada juga yang sangat besar, sehingga jenisnya macam-macam. Kalau dilihat dari bahan yang digunakan untuk membuat pallet, pun bermacam-macam, ada yang terlihat kuat dan kokoh, ada yang lentur dan tahan terhadap panas. Kalai ini kita akan mengenal lebih jauh bahan untuk membuat pallet plastik.

Bahan Pallet Plastik
Berbeda dengan tipe pallet lain, pallet plastik memilki tipe dan ukuran yang bermacam-macam. Ada 4 tipe pallet plastik, yaitu:
One Way Series
Medium duty series
Heavy duty series
Hygine duty series

Kalau dilihat dari spesifikasinya, ke empat tipe pallet tersebut jelas berbeda-beda. Masing-masing memiliki spesifikasi yang berbeda termasuk bahan untuk membuatnya, seperti Contoh antara pallet plastik one way series dengan pallet plastik medium duty berikut ini:

Mengenal Bahan Pembuat Pallet Plastik


Pallet plastik One way series terbuat dari plastik PPC sedangkan pallet plastik medium duty…. terbuat dari bahan  HDPE Mix. Karena untuk kebutuhan pengiriman barang atau ekspor pallet one way dibuat dengan bahan plastik lebih ringan agar bisa mengurangi biaya pengiriman, maka dibuat dengan bahan PPC.

Sedangkan pallet medium duty, karena dibutuhkan untuk kebutuhan tatakan secara racking digudang maka dibuat dengan bahan HDPE Mix yang lebih kuat dan berat dibandingkan dengan pallet one way series.

Pallet Plastik PP dan HDPE
Pallet plastik dengan bahan PP dan HDPE adalah pallet plastik yang yang sekarang ini banyak beredar di pasaran.

Pallet Plastik PP
Pallet plastik dengan bahan PP 100% biasanya lebih keras dan kaku daripada jenis HDPE. pallet dari bahan ini cocok untuk area dengan suhu tinggi dan mampu menahan beban berat sekalipun secara seimbang sehingga lebih stabil ketika ditumpuk. Pallet dengan bahan PP ini cenderung  warnanya menjadi hitam. Tapi ada juga yang berwarna seperti pallet plastik 0ne way series berwarna.Contohnya:

Mengenal Bahan Pembuat Pallet Plastik


Pallet plastik D4-1111-11 dan pallet plastik D-1111-6. 

Pallet plastik kualitas baik ukuran 110 x 110 cm ini ini diperuntukkan untuk kegiatan pengiriman atau ekspor-impr barang. Pallet D4-1111-11 memiliki tinggi 12 cm, sedangkan pallet D-1111-6 tingginya 15 cm.

Pallet Plastik HDPE
Pallet plastik HDPE artinya pallet plastik yang bahan pembuatnya berasal dari bahan plastik HDPE 100%. Pallet ini kokoh, tahan lama, cukup tahan benturan dan memiliki kekuatan tekanan yang tinggi. Pallet tipe ini biasanya memiliki warna cerah, atau biru. Contoh pallet yang menggunakan bahan HDPE adalah pallet racking ES 1210

Mengenal Bahan Pembuat Pallet Plastik


Plastik memiliki banyak jenis, sehingga pallet plastik juga memiliki bahan yang berbeda-beda. Ada perusahaan penjual pallet yang menggunakan HDPE serta PP, namun ada juga yang menggunakan komposit dan campuran kedua bahan yang sudah disebutkan.

Selain itu ada juga pallet plastik dengan bahan Campuran HDPE dan PP pada pallet dapat ditemukan pada varian daur ulang. Biasanya jenis ini sering digunakan untuk pengiriman ekspor karena harganya lebih murah. Ada juga jenis daur ulang lainnya yaitu ACM (Advanced Composite Material) yang juga digunakan untuk ekspor, namun bahannya adalah plastik dari sampah/limbah.

Demikian tadi kita mencoba mengenal Bahan Pembuat Pallet Plastik, harapan kami dengan mengenal bahan pembat pallet ini Anda semakin bisa mengenali pallet plastik manakah yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhkan? Apabila masih ingin tahu lebih banyak segera hubungi sales kami.

0 on: "Mengenal Bahan Pembuat Pallet Plastik"