Jenis-Jenis Pallet

Primapallet.co.id - Jenis-Janis Pallet | Kelebihan Kekurangan. Pallet adalah sebuah alas datar yang menjadi tumpuan barang saat barang diangkat dengan forklift atau hand pallet Pallet.
Jenis -jenis pallet ternyata beraneka ragam, seperti pallet kayu, pallet plastik, pallet logam, pallet kertas. Masing-masing jenis pallet memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Jenis-Jenis Pallet


Di bidang logistik pengetahuan tentang pallet merupakan merupakan hal yang penting, karena pallet sangat berhubungan dengan aktifitas pergudangan, dan digunakan sebagai tempat menaruh barang. Kesamaan dimensi pallet memudahkan pengadaan atau desain rak, dalam tujuan memakai sisi panjang, lebar dan tinggi untuk tempat penyimpanan sementara.

Sejarah menunjukkan bahwa pemakaian pallet sudah cukup lama, desain awal abad ke-2 hanya disesuaikan untuk penyimpanan dan transportasi barang. Hal ini disebabkan teknologi Forklift yang mengangkut barang secara vertikal belum berkembang seperti saat ini. Selanjutnya pada tahun 1926 seiring dengan penggunaan Forklift yang lebih modern, pallet didesain untuk penyimpanan vertikal.

Dalam dunia industri, terutama industri pergudangan dan logistik pasti dikenal sebuah papan yang kadang menjadi tatakan pada saat produk dalam proses produksi, disimpan di gudang mau pun saat akan dipindahkan atau dikirim ke customer. Tatakan ini lah yang dikenal dengan nama pallet

Pallet  ini memiliki peranan yang sangat penting, tanpa tatakan yang disebut pallet ini, barang produksi tak akan mudah dipindah, ditata di gudang bahkan proses pengiriman jadi lambat. Untuk itulah pallet wajib ada apabila Anda ingin mempercepat rantai produksi.

Pemilihan pallet ini diperlukan pemahaman dari segi cara pemakaian, beban yang akan dimuat, type dan model pallet yang sesuai, serta bagaimana handling yang baik untuk penggunaan pallet sehingga pallet bisa awet, tidak mudah rusak.

Perlu Anda ketahui, sejalan dengan perkembangan zaman, pallet bisa dibedakan menjadi beberapa jenis:
1.Pallet Kertas
Pallet yang terbuat dar bahan kertas

2.Pallet Plastik
Pallet yang terbuat dari bahan plastik. Mengenal bahan pembuat pallet plastik.

3.Pallet Besi
Pallet yang terbuat dari bahan besi.

0 on: "Jenis-Jenis Pallet "